Cara Install Software Aplikasi Di Linux Mint / Ubuntu

Bagaimana cara install software aplikasi di linux mint, ubuntu dan elementary os? Inilah cara install aplikasi di linux melalui terminal maupun tidak, ada 9 cara berbeda yang dapat kami list disini selengkapnya simak uraian berikut.

Software atau aplikasi Linux adalah hal yang esensial dalam sebuah sistem operasi Linux karena tanpa bantuan software Linux kita akan kesulitan dalam melakukan tugas komputasi sehari-harinya.

Tidak seperti Windows yang hanya memiliki ekstensi msi dan exe untuk softwarenya, setiap software di Linux Mint/ Ubuntu memiliki ekstensi yang beragam dan berbeda-beda tergantung dari developer aplikasinya.

Cara Install Software Aplikasi Di Linux Mint / Ubuntu

Dari sekian banyak aplikasi Linux, berikut ini adalah cara install software pada linux yang ekstensinya umum digunakan secara luas:

1. Cara Install Aplikasi zip di Linux

Software Linux yang memiliki ekstensi zip biasanya merupakan aplikasi portabel yang dapat langsung dijalankan dan terkadang ada pula yang harus install terlebih dahulu. Kita membutuhkan bantuan Archive Manager untuk mengekstraknya, dan lihat dahulu isi file yang berada di dalam zip tersebut.

Baca dahulu file README yang disertakan, dan lihat pada bagian cara install atau cara menggunakan aplikasi (how to use). Untuk mengekstrak file zip caranya klik kanan pada file zip dan pilih Extract Here.

Atau juga bisa diekstrak melalui Terminal dengan mengetikkan perintah berikut:
unzip namafile.zip

2. Cara Install Software tar.gz di Linux

TAR.GZ adalah jenis file archive atau file kompresi yang sama sebagaimana file zip, jadi ekstrak dahulu dengan Archive Manager dengan cara klik kanan file tar.gz lalu pilih Extract Here. Jika dilakukan melalui Terminal maka perintahnya sebagai berikut:
tar xzf namafile.tar.gz -C /Downloads
Penjelasan:
Archive file yang bernama namafile.tar.gz akan diekstrak ke folder Downloads. Buka file README hasil ekstrak dan baca petunjuk instalasinya.

3. Cara Install Aplikasi tar.bz2 di Linux

Jenis file tar.bz2 merupakan jenis file kompresi yang sama seperti zip dan tar.gz dan untuk menginstalnya kita perlu mengekstraknya lalu mengeksekusi perintah "configure" melalui terminal. Caranya adalah: masuk ke path dimana file tersebut disimpan lalu klik kanan pada ruang kosong dan pilih "Open in Terminal" lalu ketikkan 5 (lima) perintah di Terminal sebagai berikut:
tar -xf namafile.tar.bz2
cd dir_name
./configure
make
sudo make install
Keterangan:
namafile.tar.bz2 adalah nama file tar.bz2
dir_name adalah nama folder yang muncul (setelah di ekstrak melalui perintah tar)

4. Cara Install Aplikasi .bin di Linux

BIN adalah jenis ekstensi aplikasi Linux sebagaimana deb dan memiliki GUI (tampilan interface sendiri). Apabila deb proses instalasinya hanya berupa jendela "Package Installer" maka bin proses instalasinya memiliki tampilan jendela sendiri layaknya di Windows.

Cara mengeksekusi aplikasi bin adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke dalam path direktori dimana file bin berada;
  2. Klik kanan pada ruang kosong, dan pilih "Open in Terminal"; dan ketika Terminal sudah muncul ketikkan perintah ini:
sh ./namafile.bin
Apabila terkendala dengan masalah user atau permission denied maka cobalah mengetikkan sudo sebelum mengetikkan perintah di atas. Contoh tampilan interface dari installer file bin seperti ini:

cara install aplikasi linux mint ubuntu cara install aplikasi linux tar.gz cara install aplikasi di linux melalui terminal cara install aplikasi tar.bz2 di linux bagaimana cara install aplikasi di linux cara install aplikasi .deb di linux cara install aplikasi .bin di linux cara install aplikasi tar.gz di linux


5. Cara Install Aplikasi .deb di Linux

DEB adalah jenis ekstensi untuk aplikasi Linux yang dapat dieksekusi dengan cara klik 2x (duble click) pada nama file deb dan ketika jendela Package Installer muncul klik saja tombol "Install Package" dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

cara install software .jar di linux cara install software linux offline cara install software .sh di linux cara install software center di linux mint ubuntu cara install software .appimage di linux cara install software zip di linux cara install software di terminal linux cara install software center di linux cara install software pada linux

Paket aplikasi deb sangat praktis digunakan oleh kita karena short cut akan muncul otomatis di Start Menu. Rata-rata aplikasi terbaik Linux yang kami sajikan di website ini menggunakan ekstensi deb. Meskipun pada contoh di atas file installer VirtualBox membutuhkan 1 dependency tenang saja karena akan terinstal secara otomatis asalkan terkoneksi internet.

6. Cara Install Aplikasi .sh di Linux

SH adalah jenis ekstensi aplikasi Linux yang termasuk executable (bisa dieksekusi langsung) dan ditampilkan melalui Terminal atau memiliki GUI sendiri. Untuk mengeksekusi file sh di Linux kita pertama harus mengubah permission dahulu baru dieksekusi.

Cara install software .sh di Linux Mint adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke dalam path direktori dimana file sh berada;
  2. Klik kanan pada ruang kosong dan pilih "Open in Terminal"
  3. Setelah Terminal muncul, ketikkan 2 (dua) baris perintah berikut ini:
chmod +x namafile.sh
sh ./namafile.sh
Keterangan: namafile.sh adalah nama file sh yang akan diinstal. Proses instalasi bisa terjadi di dalam Terminal atau bisa juga berupa sebuah jendela sendiri tinggal klik Next dan seterusnya.

7. Cara Install Aplikasi .jar di Linux

JAR adalah jenis file yang dibuat menggunakan java, sehingga apabila sobat ingin menjalankan file jar maka pastikan dahulu bahwa Java Runtime Environtment (JRE) sudah terinstal di sistem Linux sobat! Silahkan ikuti Panduan Cara Install JRE JDK 8 di Linux Mint apabila sobat belum menginstalnya.

Cara menginstal atau menjalankan file jar di Linux adalah :
  1. Masuk ke dalam direktori dimana file jar berada;
  2. Klik kanan pada ruang kosong, pilih "Open in Terminal"; dan jika Terminal sudah muncul silahkan ketikkan 2 (dua) baris perintah berikut ini:
chmod +x namafile.jar
java -jar namafile.jar
Nanti akan keluar tampilan jendela aplikasi yang sedang dieksekusi.

8. Cara Install Aplikasi/ Software Linux dari Software Manager (Software Center/ Repositori)

Software Manager / Software Center / App Center adalah sebuah jendela yang di dalamnya berisi aplikasi yang bersumber dari repositori Ubuntu. Software Manager adalah sebutan jendela repositori yang berada di Linux Mint.

Cara menginstall software Linux dari Software Manager adalah cara yang paling mudah diantaranya semuanya. Meskipun begitu cara ini memiliki kelemahan yaitu versi software yang kita dapatkan tidak versi terbaru akan tetapi kebanyakan versi yang lama karena telat update.

Untuk melakukan instalasi software dari Software Manager caranya dengan mencari nama aplikasi yang akan diinstal lalu akan ada tombol "Install" disana tinggal di klik saja dan tunggu sampai proses instalasi selesai lalu beres sudah.

9. Cara Install Aplikasi .AppImage di Linux

AppImage adalah jenis ekstensi aplikasi Linux yang dapat berjalan di semua distro Linux, berjalan tanpa instalasi, tanpa membutuhkan akses root. Gampangnya AppImage adalah aplikasi portabel di Linux.

Cara install AppImage di Linux Mint adalah sebagai berikut:
  1. Pergi ke direktori dimana file AppImage berada;
  2. Klik kanan dan pilih "Open in Terminal", jika Terminal sudah muncul ketikkan 2 (dua) baris berikut ini untuk menjalankan aplikasi:
chmod a+x namafile.AppImage
./namafile.AppImage
Demikianlah Cara Install Software Aplikasi Di Linux Mint / Ubuntu / Elementary OS kami sajikan. Apabila di kemudian hari ada tambahan kami akan update tulisan ini sehingga memudahkan pembaca. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Cara Install Software Aplikasi Di Linux Mint / Ubuntu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email