2 Cara Mengatasi Laptop Linux Boros Batre

2 Cara Mengatasi Laptop Linux Boros Batre. Berkaitan dengan pemakaian batere laptop, jika Anda merasakan sistem operasi Linux Mint ataupun Linux distro lain terlalu boros batere, penjelasan berikut ini mengenai cara menghemat batere laptop Linux.

PERTAMA.
Kita lihat dahulu temperatur Virtual Thermal Zone dan temperatur PCI adapter. Jika temperatur menunjukkan suhu mendekati suhu 70o C atau lebih itu artinya tidak normal dan driver graphic bermasalah, solusinya adalah dengan mengganti driver graphic bawaan (Xorg) menjadi driver yang disediakan oleh vendor.

Katakan anda menggunakan graphic NVidia dengan memakai driver xorg bawaan Linux, yang perlu anda lakukan adalah download driver NVidia untuk Linux di website resminya setelah itu anda install dan ganti driver lama menjadi driver baru. Selesai, masalah teratasi.

KEDUA.
Konsumsi daya sebuah lapotop ditentukan oleh seberapa besar daya yang diperlukan oleh sebuah laptop dalam memenuhi permintaan penggunanya. Desain batere laptop yang ada di pasaran sekarang ini bertahan lama sekitar 3-6 jam pemakaian.

Namun apa yang terjadi ketika kita baru saja 1-2 jam menggunakan laptop dan batere berkurang secara drastis. Kemungkinan yang pertama adalah batere latop yang minta diganti (baca: batere laptop sudah ngedrop); Kemungkinan kedua adalah terlalu banyaknya hardware bekerja yang sebenarnya tidak begitu berfungsi.
Mengatasi Laptop Linux Mint Yang Boros Batere
Mengatasi Laptop Linux Mint Yang Boros Batere

Sebut saja jika laptop yang kita memiliki dual graphic, hal ini akan memakan daya yang sangat besar sekali. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan juga akan menguras batere laptop tapi tidak seberapa jika dibanding dengan daya yang diserap oleh graphic adapter tersebut.

Untuk mengatasi batere boros pada Linux Mint, kita bisa menggunakan Bumblebee

Bumblebee adalah aplikasi yang digunakan untuk membenamkan GPU NVidia Optimus kedalam Linux. NVidia Optimus merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan batere agar tidak mudah habis. Cara kerjanya adalah dengan membuat off Dedicated GPU NVidia apabila tidak diperlukan (Kinerja graphic akan di-handle oleh graphic bawaan motherboard).

Cara Menginstal Bumblebee di Linux Mint dengan Graphic Laptop NVidia

Buka terminal, ketikkan
sudo add-apt-repository ppa:bumblebee/stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install bumblebee bumblebee-nvidia

Setelah selesai, instal Primus BackEnd untuk Bumblebee dengan terminal berikut
sudo apt-get install primus
sudo apt-get install primus-libs-ia32

Untuk melakukan konfigurasi terhadap Bumblebee, kita harus tahu versi NVidia yang terinstal. Untuk mengedit file konfigurasi, ketikkan pada terminal
gksu gksu gedit /etc/bumblebee/bumblebee.conf

Akan terbuka gEdit (teks editor), lihat pada baris yang paling bawah akan ada tulisan berikut ini. Misalkan versi NVidia yang digunakan adalah 304 maka:

[driver-nouveau]
KernelDriver=nouveau
PMMethod=auto
XorgConfFile=/etc/bumblebee/xorg.conf.nouveau
DIEDIT MENJADI
[driver-nvdia]
KernelDriver=nvdia-304
PMMethod=auto
XorgConfFile=/etc/bumblebee/xorg.conf.nvdia


Selesai, semoga bermanfaat.
Tambahan: Jika ingin menjalankan game yang butuh graphic besar, ketikkan di terminal primusrun APLIKASI-GAME 
Catatan: APLIKASI-GAME diganti dengan nama aplikasi yang akan dijalankan.
Pada sistem operasi Linux versi terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan power management yang menghemat daya tahan sebuah batere laptop.

Artikel Terkait

2 Cara Mengatasi Laptop Linux Boros Batre
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email