2 Poin Utama Alasan Kenapa Harus Bermigrasi ke Linux

2 Poin Utama Tentang Alasan Kenapa Harus Bermigrasi atau pindah ke Linux.

Pendahuluan

Windows merupakan Operating System (OS) yang sudah banyak dipakai sejak lama oleh berbagai kalangan di Dunia mulai dari developer sampai pengguna akhir. Sistem operasi ini disusung oleh perusahaan Microsoft dan dirilis berbayar, artinya tidak gratis jika ingin mendapatkan sistem operasi Windows ini.

Kemudahan pengoperasian dilengkapi dengan tampilan yang elegan membuat sistem operasi ini banyak dipakai baik secara legal maupun ilegal. Banyaknya situs penyedia sistem operasi Windows menyebabkan pembajakan sistem operasi ini merajalela, akibatnya Microsoft geram dengan hal tersebut dan mulailah diadakannya sweeping oleh Microsoft di perusahaan-perusahaan. Hasilnya banyak komputer yang disita dan pemilik perusahaan dikenakan denda.

Menyikapi hal tersebut diatas, sudah selayaknya kita menempuh solusi dalam menggunakan sistem operasi. Apakah kita selamanya akan bermain kucing-kucingan dengan Microsoft? Dan Apakah Anda mengira tidak ada sistem operasi lain dengan tampilan menyerupai Windows yang bisa didapatkan dengan GRATIS? Inilah alasan kenapa kita harus bermigrasi ke Linux yang menjawab kedua pertanyaan tersebut.
Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Bermigrasi ke Linux
Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Bermigrasi ke Linux

Isi

Ada berbagai sistem operasi yang sudah digunakan dalam sebuah komputer diantaranya adalah Windows, Macintosh dan Linux. Dua perbedaan utama yang membedakan sistem operasi Linux dibandingkan sistem operasi lainnya adalah (Dee-Ann LeBlanc, 2005):
  1. Linux berlisensi GNU General Public License yang artinya kita dapat mendapatkan program, lengkap dengan source code-nya secara gratis. Diberikan hak untuk mengkopi sebanyak yang kita mau, atau bahkan mengubah source code-nya.
  2. Linux dikembangkan dan di-maintenance secara global oleh para programmernya yang bekerja melalui Internet, sehingga jika terdapat bug pada sistem operasi bisa segera diperbaiki.
Dalam bukunya Linux for Dummies edisi ke-6, Dee-Ann LeBlanc menyebut bahwa Linux adalah sistem operasi yang luar biasa. Berikut ini adalah kelebihan atau benefit menggunakan Linux Mint:
  • Multiuser: Lebih dari satu pengguna bisa login ke dalam satu komputer dan waktu yang sama.
  • Multiprocess: Hal ini memungkinkan komputer menyediakan layanan yang beragam dalam satu komputer dimana aplikasi bisa berjalan serentak.
  • Multiplatform: Tercatat sistem operasi Linux bisa berjalan di-24 jenis perangkat keras komputer yang berbeda mulai dari komputer yang berbasis Intel, Apple, Amiga, dan lain-lain.
  • Interoperable: Linux bisa berinteraksi dengan berbagai protokol jaringan sehingga mampu berkomunikasi dengan komputer lain yang bersistem operasi Windows, Macintosh, dll
  • Scalable: Sistem operasi Linux bisa diaplikasikan pada komputer desktop maupun dalam skala besar dalam dunia inustri.
  • Portabel: Linux ditulis dalam bahasa pemrograman C, dimana C merupakan bahasa yang digunakan untuk menulis perangkat lunak level sistem, menjadikan Linux siap dipakai untuk hardware baru.
  • Fleksibel: Linux bisa digunakan sebagai network host, penggunaan aplikasi office, server web, dll
  • Stabil: Kernel Linux telah mencapai kematangan dalam pengembangannya, hal ini menjadikan Linux tetap stabil tidak crash meski dijalankan dalam beberapa hari nonstop.
  • Efisien: Desain Linux yang modular menjadikan Linux bisa beroperasi dengan baik pada komputer dengan spesifikasi rendah.
  • Gratis: Karena gratis banyak oran berpikiran bagaimana bisa mengembangkan perangkat lunak yang baik tanpa ada insentif? Tapi nyatanya semakin hari semakin baik kan? Tampilannya sudah oke dan banyak aplikasi yang mendukung.

Satu lagi dalam segi tampilan, Linux sudah menyerupai Windows bahkan Mac OS X. Hal ini bisa kita lihat dari desktop environment yang digunakan oleh Linux Mint yang menggunakan desktop environment seperti Cinnamon misalnya. Dengan Cinnamon kita bisa mengganti theme Linux yang sesuai dengan selera kita.

Saya sendiri menggunakan Linux Mint dengan desktop Cinnamon dan menggunakan shell Mac OS X. Bagaimana memulai beralih ke Linux? Silahkan pelajari hanya di https://vpswp.blogspot.com dan lihat kategori Sistem Operasi Linux. Sebagai bahan awal dalam bermigrasi ke Linux saran saya adalah gunakan Linux Mint karena di website ini saya akan mengupasnya hingga tuntas sampai aplikasi yang akan digunakan (tentunya yang memiliki fasilitas selayaknya Windows). Silahkan baca Tips Memilih Varian Linux Mint sebagai starting point.

Penutup

Dengan manfaat yang sudah dipaparkan diatas ditambah dengan tampilan Linux yang menyerupai Windows bahkan Mac OS X dan bisa didapatkan secara GRATIS juga sistem operasinya stabil, merupakan alasan utama dalam bermigrasi dari Windows ke Linux. Bagaimana? Tertarik dengan Linux ? Saya rekomendasikan untuk menggunakan Linux Mint dan temukan tutorial menggunakan Linux Mint hanya di FahdUmam.Com

Referensi

LeBlanc, Dee-Ann. (2005). Linux® For Dummies®, 6th Edition. Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Artikel Terkait

2 Poin Utama Alasan Kenapa Harus Bermigrasi ke Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email