Apa Perbedaan VPS KVM dan VPS Xen

Virtual Private Server atau VPS adalah server virtual menggunakan Sistem Operasi (Windows maupun Linux) yang bekerja pada server atau penyedia VPS untuk melakukan proses penyimpanan data atau bisa dikatakan bahwa VPS adalah PC pribadi yang kita sewa melalui penyedia VPS.

VPS sendiri bisa didapatkan secara gratis ataupun berbayar. VPS gratis biasanya limit pemakaian hard disk, memory, kecepatan prosesor dan bandwidth sangatlah rendah, jadi kurang cocok jika digunakan untuk website yang bertraffic besar.

Di dalam dunia VPS kita bisa mengenal VPS Xen dan VPS KVM. Apa perbedaan dari kedua VPS tersebut mari kita lihat pada uraian berikut ini.

VPS KVM

VPS KVM adalah jenis VPS dengan pendekatan mengadopsi metode virtualisasi yang sesuai dengan arsitektur Linux yang ada. Selain itu integrasi kemampuan hypervisor ke hosting kernel Linux sebagai modul yang bisa diaktifkan membuat proses manajemen sistem operasi lebih sederhana yang dapat meningkatkan stabilitas, keamanan dan kinerja dari VPS tersebut.

Mengenal Perbedaan VPS KVM dan Xen
Mengenal Perbedaan VPS KVM dan Xen

Xen VPS

Xen VPS adalah VPS yang bisa menjalankan 2 mode guest yang biasa disebut sebagai domUs dan unpriviliged domain, Xen Paravirtualization (PV) dan Xen Full Virtualization (HVM).

Kedua jenis virtualisasi Xen VPS tersebut (Xen PV dan Xen HVM) bisa dijalankan oleh sistem Xen tunggal. Perlu diketahui bahwa Xen PV bisa menjalankan sistem operasi Linux, dan Xen HVM menjalankan Windows dalam sebuah VPS.

Lebih Unggul Mana Antara VPS KVM dan VPS Xen ?

Jika dilihat dari sedi unggul atau baik, maka VPS KVM lebih unggul dari VPS Xen dengan alasan sebagai berikut :

  • Secara resmi KVM didukung oleh Redhat (handal dan sekuritas ungguL), sedangkan VPS Xen secara bertahap kedepan akan di diskontinyu
  • VPS KVM dapat berjalan di berbagai distro Linux tanpa membuta custom host kernel
  • VPS KVM mendukung sistem operasi Linux, Windows, Solaris, dan BSD tanpa ada driver tambahan.
  • VPS KVM menghadirkan performa handal dengan sedikit latency i/o
  • Arsitektur KVM sangat ramping, KVM dibangun langsung ke dalam kernel, dan dengan hanya virtio driver yang diperlukan untuk operasi I/O dan jaringan. VM-> Virtio-> CentOS dengan KVM
  • Xen menambah lapisan kedua proses tersebut, karena semua I/O dan jaringan proses proxy melalui Dom0 yang berjalan di atas sistem operasi Host, dari sana itu menetes melalui kustom Xen kernel: VM-> PV-OPS Driver-> Dom0-> Xen Hypervisor 
  • KVM memperlakukan setiap VM sebagai sebuah proses aktif, ini berarti aplikasi memenuhi syarat untuk penjadwalan asli dan runtime.

Artikel Terkait

Apa Perbedaan VPS KVM dan VPS Xen
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email