Aplikasi Download Software dan File Lainnya di Linux

Aplikasi Download Software dan File Lainnya di Linux. Jika anda membutuhkan aplikasi download manager di Linux, selain Xtreme Download Manager (XDMan) anda bisa menggunakan uGet.

Linux terkenal dengan kehandalan sistem operasi yang dimilikinya, tidak perlu anti virus, tidak perlu reboot untuk update sistem operasi, kecuali yang diupdate adalah kernel Linux karena merupakan core daridapada sistem operasi itu sendiri.

Dahulu Linux kurang banyak diminati karena dukungan software yang tidak begitu banyak, akan tetapi sekarang Linux sudah bisa digunakan dan diaplikasikan ke masyarakat karena dukungan software Linux sudah banyak sekali.

Bukan hanya dilihat dari kuantitas saja, software Linux ini juga menunjang aspek kualitas. Sudah ada banyak aplikasi Linux yang kualitasnya menandingi Software Windows bahkan bisa melebihi software Windows. Mengenai ulasan aplikasi top Linux di tahun 2014 sudah saya bahas sebelumnya, dan kali ini saya akan mebagikan secara spesifik software yang berfungsi untuk download manager di Linux bernama uGet Download Manager.

uGet Download Manager adalah aplikasi yang banyak digunakan oleh pengguna Linux. Selain ukuran download yang kecil ( < 1 MB ) aplikasi ini juga secara otomatis mampu mengcapture clip board sehingga ketika ada URL file dari browser akan ditangkap oleh uGet dan uGet memunculkan jendela untuk download file. Kelebihan lain tentu saja interface yang awesome dan mudah digunakan.

Software Download Manager Di Linux Mint / Ubuntu

Petunjuk Instalasi uGet Download Manager di Linux:
  • Buka Software Manager
  • Cari via search ketikkan uget
  • Setelah ketemu, instal dan tunggu sampai selesai

Fitur-fitur yang dimiliki oleh uGet Download Manager Linux adalah :
  1. Downloads Queue: menempatkan antrian download sehingga file yang akan kita download bisa kita antrikan dan mendapatkan kecepatan maksimum.
  2. Resume Downloads: resume download akan berfungsi jika lokasi server file yang kita download support untuk resume.
  3. Advanced Download Categories: Kita bisa membuat kategori sendiri terhadap file-file yang kita download sehingga dengan mudah mengelompokkan file yang kita download.
  4. Clipboard Monitor: memonitor clip board sehingga bisa secara otomatis menampilkan jendela download.
  5. Batch Downloads: support batch untuk mendepatkan kecepatan maksimum download.
  6. Multi-Protocol: uGet bisa mendownload file via HTTP, HTTPS, FTP, BitTorrent* & Metalink*
  7. Multi-Connection (Multi-Segment): secara serentak uGet bisa menciptakan port download file sampai 20 koneksi sehingga jika fasilitas ini diaktifkan maka akan bisa download file lebih cepat.
  8. FTP Login & Anonymous FTP: bisa menghandel login secara anonim.
  9. Scheduler: pengaturan waktu agar bisa download maupun tidak.
  10. Quiet Mode: bisa download file tanpa memunculkan jendela download. 
  11. Robust Keyboard Shortcuts: Keyboard shortcuts yang didukung adalah Ctrl + N (New), Ctrl + Q (Exit App), Delete untuk menghapus entri histori file, atau Shift + Delete secara permanen menghapus file dari disk komputer.
  12. Computer Shutdown After Completion: Bisa mematikan komputer jika aplikasi selesai mendownload file.
  13. Folder Auto-Creation: tidak perlu repot membuat folder baru melalui file manager, uGet bisa melakukannya untuk Anda.
  14. Download History Management: mampu menyimpan file histori download sampai 9,999 (jika melebihi dari itu, file histori lama akan secara otomatis terhapus).
  15. Multi-Language Support: support 20 bahasa meliputi: Arabic, Belarusian, Chinese (Simplified), Chinese (Traditional), Czech, Danish, English (default), French, Georgian, German, Hungarian, Indonesian, Italian, Polish, Portuguese (Brazil), Russian, Spanish, Turkish, Ukrainian, and Vietnamese.

Demikian ulasan saya tentang software Linux yang digunakan sebagai download manager. Semoga bermanfaat.
Oh ya satu lagi tips penting, agar kinerja uGet optimal, pada pilihan preferensi uGet gunakan atau pilih "Enable aria2 plugin"

Artikel Terkait

Aplikasi Download Software dan File Lainnya di Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email