Step by Step Cara Install Linux Ubuntu dari CD/USB Flashdisk

Terbaru! Step by Step Cara Install Linux Ubuntu dari CD/DVD ataupun dari USB Flashdisk. Yang perlu anda siapkan adalah DVD master Linux Ubuntu, atau membuat USB bootable Linux Ubuntu (bisa dilakukan dengan cara yang sama DISINI menggunakan UNetbotin).

Proses instalasi Linux Ubuntu bisa dilakukan sebagai berikut :

1). Hidupkan komputer dan masuk BIOS (Basic Input Output System), buat first boot order menuju DVD atau Flashdisk sesuai dengan media yang anda gunakan. Sebelum Save and Exit BIOS masukkan terlebih dahulu USB atau DVD Linux anda.

2). Jika sudah berhasil, pilih Ubuntu Live CD sehingga membawa anda menuju dekstop Ubuntu (sekalian untuk mengetes Ubuntu ke komputer)

3). Klik ikon Install yang ada di desktop Ubuntu, akan tampil jendela Ubuntu Live System with Installation Wizard. Pilih bahasa sesuai dengan selera anda

Ubuntu Install - Jendela awal instalasi Ubuntu

4). Jika anda terhubung dengan internet, anda bisa mencentang pilihan "Downloads update while installing” dan juga “install this third-part software" untuk mendownload codec mp3 dan update lainnya tetapi akan membutuhkan waktu lama. Anda hilangkan tanda centang saja keduanya juga boleh biar instalasi berlangsung cepat.

Cara Install ubuntu Linux

5). Selanjutnya anda akan dihadapkan pilihan :
  • Erase disk and install Ubuntu : akan memformat hard disk anda (semua data terhapus). Pilih opsi ini jika anda menjalankan Ubuntu dari VirtualBox
  • Something else : jika memilih opsi ini anda akan dihadapkan dengan tabel partisi hardisk anda. 

Install Ubuntu - Something else

6). Jika sebelumnya anda memilih Something else, maka keluarlah tabel partisi hardisk. Perlu kehati-hatian disini karena katakanlah hardisk anda sudah terbagi menjadi C dan D, sedangkan anda ingin menginstall Ubuntu di drive C maka kenali dengan betul karena di Ubuntu tidak ada driver C atau D, yang ada hanya sda, sdb, sdc, sda1, sda2, sdb1 dan lainnya.

Untuk menginstall Linux, anda membutuhkan tabel partisi sebagai berikut :
  • Primary partition, format sebagai Ext4, mount point “/” (tanpa quotes)
  • Logical partition, format sebagai Swap. Untuk laptop dengan RAM tinggi, alokasikan ukuran Swap sama dengan ukuran RAM sehingga laptob bisa hibernasi.

CATATAN : pemilihan opsi di bawah Device for boot loader installation
  • Jika memilih dev/sda, artinya Ubuntu boot loader akan berjalan pada drive tersebut otomatis
  • Jika memilih dev/sda1 (file system ext4 yang digunakan sebagai root Ubuntu), maka Ubuntu perlu ditambahkan secara manual ke MBR sehingga Ubuntu bisa booting.
Membuat Tabel Partisi Linux Ubuntu

7). Klik Install Now ikuti seting lain seperti setup user account, location, timezone, keyboard sampai proses instalasi. Cukup mudah dipahami. Setelah proses selesai akan muncul jendela Restart berikut. Semoga bermanfaat! Bagikan Step by Step Cara Install Linux Ubuntu dari DVD/USB Flashdisk melalui Facebook, Twitter atau Google+ anda

Installation Complete - Restart Ubuntu

Artikel Terkait

Step by Step Cara Install Linux Ubuntu dari CD/USB Flashdisk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email