Cara Kompres File PDF Cepat dan Mudah di Linux

Cara Kompres File PDF Cepat dan Mudah di Linux. Cara berikut ini digunakan untuk mengompress ukuran file pdf di Linux. Dengan memanfaatkan GhostScript di Linux kita bisa mengurangi ukuran sebuah file pdf.

Definisi GhostScript

GhostScript adalah sebuah Interpreter yang ditulis dalam bahasa C untuk bahasa PostScript, dilengkapi dengan kemampuan mengkonversi file-file berbahasa PostScript ke dalam berbagai format, menampilkannya pada display computer dan atau mencetaknya pada printer yang tidak memiliki kemampuan membaca bahasa PostScript.

Karena ditulis dengan menggunakan bahasa C maka GhostScript dapat berjalan dengan baik dalam berbagai system operasi misalnya Linux, Mac OS, dan Windows.

Cara Kompress File PDF di Linux

Cara Kompres File PDF Cepat dan Mudah di Linux

Selanjutnya dengan memanfaatkan GhostScript kita bisa mengompresi file PDF yang berukuran besar menjadi file PDF berukuran kecil. Berikut ini adalah caranya :
  1. Masuk pada direktori file pdf yang akan dikompresi
  2. Klik kanan pada ruang kosong, pilih  Open in Terminal
  3. Demo kompresi file PDF kali ini saya menggunakan nama file file_input.pdf dan akan saya kompresi menjadi sebuah file bernama file_output.pdf
  4. Kembali ke terminal, setelah terminal terbuka, ketikkan command gs -dNOPAUSE -dBATCH -sDEVICE=pdfwrite -dCompatibilityLevel=1.4 -dPDFSETTINGS=/screen -sOutputFile=file_output.pdf file_input.pdf
  5. Setelah selesai tekan enter. Perhatikan tulisan yang saya cetak berwarna merah diatas. Penjelasannya :
  6. file_input.pdf  adalah nama file yang akan dikompress, usahakan penamaannya tidak menggunakan spasi. Jika menggunakan spasi maka perintah nomor 4 diatas file_input.pdf kita tulis menjadi 'file input.pdf' (menggunakan tanda petik)
  7. file_output.pdf adalah nama file hasil kompresi. Kita bebas memberikan nama file hasil kompresi. File ini akan dibuat otomatis oleh terminal.
  8. /screen adalah setting kualitas file pdf, kita bisa mengubah /screen menjadi pilihan sebagai berikut :
/screen --> Level kompresi maksimal, kualitas file standar dan ukuran file kecil
/ebook --> Level kompresi medium, seimbang
/printer atau /prepress --> Level kompresi rendah, kualitas bagus, ukuran file besar
Demikian artikel Cara Kompres File PDF Cepat dan Mudah di Linux dari saya, semoga bermanfaat dan mari Gunakan Open Source!
Jika langkah tersebut kurang jelas, silahkan ikuti panduan dalam video berikut ini
Load disqus comments

0 comments