Cara Mudah Menyembunyikan File dan Folder di Linux

Cara Membuat Hidden Folder di Linux, Cara Mudah Menyembunyikan File dan Folder di Linux. Kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara membuat hidden folder di Linux. Cara ini juga berlaku untuk bagaimana cara membuat hidden file di Linux.

Cara Membuat Hidden Folder di Linux

Dengan membuat hidden file atau folder atau membuat folder menjadi tersembunyi kita bisa melindungi file aplikasi Linux yang berada di lokasi path yang tidak diproteksi oleh sistem Linux. Sebagai contoh jika kita akan menyembunyikan file foo2zjs. Langkah yang perlu dilakukan adalah me-rename alias mengganti nama foo2zjs menjadi .foo2zjs (dengan menambahkan satu titik didepan nama file).
Singkatnya untuk membuat hidden file atau folder di Linux kita hanya perlu menambahkan tanda titik ( . ) di awal folder atau file yang akan disembunyikan atau di-hidden
Contoh folder foo2zjs dibuat hidden maka diambah titik di awalnya menjadi .foo2zjs
Cara menampilkan dan menyembunyikan fodler ataupun file di Linux cukup mudah, Tekan saja kombinasi Ctrl + H maka secara otomatis akan menampilkan dan menyembunyikan kembali file ataupun folder di Linux. Ctrl + H ini bersifat toggle.

Cara lain untuk menyembunyikan file dan folder di Linux adalah dengan bantuan software sehingga hanya kita yang bisa membuka file atau folder tersebut. Berikut ini penjelasannya

Mengunci Folder di Linux dengan Cryptkeeper

Cara ini digunakan untuk mem-password folder di Linux dengan software. Jika kita akan memproteksi file di Linux dengan password maka caranya adalah dengan meletakkan file tersebut ke dalam folder, dan foldernya kita lock dengan bantuan software yang bernama Cryptkeeper.

Cara Menginstall Cryptkeeper


Cryptkeeper adalah sebuah aplikasi "system tray" yang digunakan untuk memproteksi folder sehingga hanya kita yang mengetahui passwordnya yang bisa mengakses folder yang kita proteksi tersebut. Cara kerjanya adalah aplikasi ini akan mengenkripsi sebuah folder dengan bantuan password.

Cara menginstall Cryptkeeper bisa dilakukan melalui Software manager Linux (klik Start/Menu >> Administration >> Software Manager), setelah muncul ketikkan saja di kotak pencarian Cryptkeeper, setelah ketemu bisa diinstal seperti biasa. Setelah instalasi selesai, kita bisa menjalankan Cryptkeeper melalui Menu >> Administration >> Cryptkeeper.

Dan aplikasi ini akan muncul pada sistem tray, tereletak didekat jam (di Linux biasa disebut Panel), berlogo kunci. Klik ikon kunci tersebut, selanjutnya untuk mengunci folder kita pilih New encrypted folder: (setelah dipilih foldernya, klik forward, ikuti petunjuk di layar)

Memproteksi folder di linux mint


Artikel Terkait

Cara Mudah Menyembunyikan File dan Folder di Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email