Cara Upgrade Libre Office 4.2.0 Final (Rilis 30 Januari 2014)

Cara Upgrade Libre Office 4.2.0 Final (Rilis 30 Januari 2014)

Mengenal Libre Office Lebih Dekat

Libre Office merupakan paket software yang berupa sebuah project dari lembaga not profit bernama The Document Foundation. Libre Office sesuai namanya adalah aplikasi yang digunakan sebagai paket aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi office lain seperti Microsoft Office atau Open Office. Libre Office dibuat dalam berbagai platform mulai dari Windows, Mac dan Linux sehingga kedepan akan banyak digunakan oleh industri karena sifatnya yang tidak berbayar.

Libre Office mendukung format ODF tanpa bergantung pada sebuah pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta. Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Sebagai sebuah perangkat lunak bebas dan gratis, LibreOffice bebas untuk diunduh, digunakan, dan didistribusikan.

Libre Office 4.2.0 Final (Rilis 30 Januari 2014)

Fitur-Fitur Libre Office

Libre Office memiliki banyak keunggulan atau fitur diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Tidak berbayar, gratis, tidak perlu menghitung biaya tahunan ataupun khawatir jika jangka pembelian lisensi telah habis.
  2. Tersedia dalam berbagai bahasa dan terus disempurnakan terjemahannya.
  3. Mendukung berbagai format file termasuk format Microsoft Office, OOXML, dan RTF.
  4. LGPL public license – bisa dengan leluasa diunduh, digunakan, dan didistribusikan tanpa membayar sepeserpun.
  5. Libre Office merupakan free software community-driven project yang artinya pengembangan aplikasi boleh dilakukan oleh siapapun oleh orang yang berkompetensi.

Paket Aplikasi Libre Office

Paket aplikasi Libre Office memiliki enam jenis aplikasi yang bermanfaat sekali dalam menunjang pekerjaan produktivitas kantor. Sesuai dengan gambar berikut ini yang merupakan tampilan awal Libre Office ketika dijalankan, Libre Office memiliki paket aplikasi yaitu:

Paket Aplikasi Libre Office 4.2.0 Final (Rilis 30 Januari 2014)
Paket Aplikasi Libre Office 4.2.0 Final (Rilis 30 Januari 2014)

1. Write Document / LibreOffice WRITER

Write Document adalah aplikasi pengolah kata Linux layaknya Microsoft Office. Keunggulan Libre Office dibandingkan dengan Microsoft Office adalah di Libre Office kita bisa menulis kalimat secara auto completetion jadi bisa menghemat waktu dalam menulis.

2. Calc Spreadsheet / LibreOffice CALC

Calc Spreadsheet digunakan sebagai alternatif Microsoft Excel. Formula ataupun Microsoft Excel bisa diimplementasikan ke dalam Calc Spreadsheet sehingga kita dengan mudah bisa menjalankan Calc Spreadsheet tanpa harus belajar banyak formula lagi.

3. Impress Presentation / LibreOffice IMPRESS

Dengan Impress Presentation yang menggantikan Microsoft Power Point, kita bisa membuat presentasi dengan mudah. Banyak template presentasi akan memudahkan pekerjaan kita dan juga akan mempercantik slide show.

4. Draw Drawing / LibreOffice DRAW

Draw Drawing banyak digunakan untuk menggambar chart, flowchart, maupun gambar bagan lain. Draw Drawing diciptakan sebagai alternatif dari Microsoft Visio. Draw Drawing menyediakan konektor antara bentuk/shapes yang tersedia dalam berbagai gaya garis dan memfasilitasi membangun gambar seperti diagram alir.

5. Math Formula / LibreOffice MATH

Math Formula digunakan untuk mengedit ataupun menuliskan rumus matematika. Jika di dalam Microsoft ada Math Equation maka di Libre Office bernama Math Formula yang berfungsi sama. Formula ini juga dapat disematkan kedalam dokumen lain di suite Libre Office (seperti yang dibuat oleh Write Document atau Calc) dengan cara meng-imsert-kan rumus ke dalam dokumen.

6. Base Database / LibreOffice BASE

Sejalan dengan Microsoft Access, aplikasi Base Database digunakan untuk membuat database dengan engine  termasuk Access database (JET), ODBC data source, dan MySQL atau PostgreSQL.

Cara Upgrade Libre Office 4.2.0 Final (Rilis 30 Januari 2014)

Libre Office sudah terinstal secara default pada berbagai distro Linux. Jika kita ingin mendapatkan versi terbaru dari Libre Office maka kita harus menambahkan PPA ke dalam repositori kita, PPA khusus untuk Libre Office. Caranya upgrade Libre Office 4.2.0 yang rilis pada 30 Januari adalah: Tambahkan ke dalam PPA ke dalam repositori kita, dilanjutkan dengan update list repositori dan teakhir upgrade list software yang ada di dalam list repositori kita. Ketiga langkah ini bisa dilakukan melalui terminal sebagai berikut, ketikkan:
sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
Selain melalui terminal, jika kita sudah menambahkan repositori Libre Office maka kita akan mendapat pemberitahuan melalui Update Manager dan selanjutnya kita tinggal melakukan update Linux kita dan selesai: Libre Office kita sudah Libre Office 4.2.0 Final yang rilis 30 Januari 2014.

Upgrade Libre Office 4.2.0 Final Melalui Update Manager
Upgrade Libre Office 4.2.0 Final Melalui Update Manager
Tampilan presentasi menggunakan LibreOffice Impress yang sudah menggunakan teknologi Dual Monitor sebegaimana Microsoft Office sebagai berikut (sebelah kiri adalah tampilan layar di komputer/laptop sedangkan sebelah kanan adalah tampilan yang terlihat di proyektor):

Tampilan Dual Monitor Presentasi Impress



Download artikel:

Artikel Terkait

Cara Upgrade Libre Office 4.2.0 Final (Rilis 30 Januari 2014)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email