Dual Boot Windows Linux Berbahaya Atau Tidak ?

Dual Boot Windows Linux Berbahaya Atau Tidak ? Akhir-akhir ini Linux semakin diminati karena hadirnya android. Hal ini juga didukung oleh penyedia sistem operasi Linux seperti Linux Mint dan Linux Ubuntu yang menyediakan versi Live CD yang ditujukan bagi pengguna yang ingin mencoba Linux tanpa menginstal ke komputer pengguna.

Dari hasil coba-coba Live CD Linux tersebut ada yang mau mencoba lebih lanjut dengan menginstal komputer dengan 2 operating system (dual boot) Windows Linux. Jadi ketika komputer menyala akan ditanya apakah ingin menjalankan Windows atau Linux.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah aman bagi hardware jika dual boot Windows Linux dilakukan? Dual boot akan aman selama masing-masing sistem operasi tidak melakukan partisi terhadap hard disk yang ada di dalam komputer.

Berbahaya Enggak Sih Dual Boot Windows Linux
Dual Boot Windows Linux Berbahaya Atau Tidak ?
Kita tahu bahwa pengguna Windows ada banyak tools aplikasi yang berhubungan dengan hard disk misalnya tool defragment dan partition master. Selama pengguna Windows tidak menggunakan kedua tools ini maka tidak terjadi masalah pada konfigurasi hard disk. Kedua sistem operasi aman dan hardware pun tidak masalah.

Sebaliknya jika pengguna melakukan defrag hardisk di Windows maka akan mempengaruhi susunan file yang menjadi properti Linux, akibatnya sistem Linux bisa saja terjadi eror. Terlebih lagi jika hardisk yang digunakan adalah jenis solid state drive (SSD) yang merupakan jenis hardisk baru dengan kemampuan read/write yang cepat maka hal ini akan mempengaruhi kinerja dari hardisk.

Di dalam Linux anda tidak perlu melakukan defrag hardisk karena metode penulisan file-file ke hardisk menggunakan metode sekuensial sedangkan di Windows menggunakan metode blok.

Dari penjelasan tersebut anda sudah tahu sejauh mana tingkat keamanan menggunakan dual boot Windows Linux. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Dual Boot Windows Linux Berbahaya Atau Tidak ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email