Membuat Aplikasi Mobile Cross Platform di Linux

Membuat Aplikasi Mobile Cross Platform di Linux. Berbagai macam smartphone saat ini dihadirkan memiliki spesifikasi dan kehandalan masing-masing sesuai dengan kebutuhan para pemiliknya. Di pasaran sudah ada BlackBerry, Nokia, iPhone, Android, dan lainnya.

Banyak aplikasi yang digunakan oleh penggunanya untuk sekedar chatting, berkirim pesan, video call, berkirim gambar, penunjuk arah, pengingat waktu solat, kalkulator scientific, aplikasi cuaca, dan masih banyak yang lainnya. Tantangan selanjutnya adalah bagi para pembuat aplikasi perangkat smartphone tersebut bagaimana membuat agar satu aplikasi yang dikembangkannya bisa berjalan lintas platform.

Dalam mengembangkan aplikasi smartphone, kebanyakan jika kita mendesain  satu aplikasi untuk bisa digunakan pada Android maka tidak bisa digunakan untuk smartphone lain seperti BlackBerry, Symbian, Windows Phone, dan iOS milik Apple. Dalam artikel ini kami akan menyajikan bagi para developer baik itu developer game maupun aplikasi lain dengan tujuan agar satu aplikasi yang dikembangkannya bisa dijalankan pada lintas smartphone alias multiplatform. Jadi aplikasi Android bisa digunakan oleh BlackBerry, Symbian, Windows Phone, maupun sebaliknya.

Membuat Aplikasi Smartphone Cross Platform Di Linux

Pengembangan lintas platform memiliki beberapa pertimbangan seperti integrasi platform, desain yang fleksibel, dll. Di sisi lain, kita para developer bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan lebih banyak konsumen, dan dapat memberikan tampilan yang seragam untuk semua jenis platform sistem operasi.

Saat ini, hampir semua platform mobile yang modern menyediakan API yang berorientasi objek. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengembangkan aplikasi multi platform. Langsung saja kita menggunakan komputer laptop dengan OS Linux Ubuntu, sebagai SDK multiplatform nya kita akan menggunakan Titanium SDK dari Appcelerator.

Apa yang perlu dibutuhkan adalah kita mengetahui Java, Android SDK, Titanium SDK, dan tentu saja komputer ataupun laptop untuk mengembangkan aplikasi kita. Titanium digunakan sebagai platform pengembangan kelebihannya adalah kita bisa membuat satu source code untuk iOS milik Apple dan juga sekaligus Android milik Google. Java digunakan sebagai bahasa utama karena bisa berintegrasi dengan bahasa HTML dan JavaScript, tidak tergantung dengan WebUI, modul bisa ditulis dengan bahasa C, dan Java banyak digunakan untuk mengembangkan berbagai aplikasi.
Daftar aplikasi yang kita butuhkan dalam mengembangkan aplikasi cross platform adalah Titanium Studio, Android dan iOS SDK.

Artikel Terkait

Membuat Aplikasi Mobile Cross Platform di Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email