Cara Membuat Screen Capture 1 Halaman Web dengan Shutter

Cara Membuat Screen Capture 1 Halaman Web dengan Shutter. Jika Anda adalah orang yang membutuhkan dokumentasi baik itu dokumentasi gambar yang diambil dari desktop komputer maka hal ini bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan memencet tombol "Prt Sc" atau "Print Screen" atau sejenisnya pada keyboard Anda.

Namun yang menjadi permasalahan adalah ketika kita ingin mendokumentasikan sebuah tampilan website. Yang terjadi adalah hasil capture akan terpotong, yang didapat hanyalah seluas resolusi layar desktop kita. Ulasan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mengcapture atau membuat screen shoot webpage di Linux sehingga hasil print screen-nya merupakan keseluruhan isi dari webpage (web capture).

Shutter Web Screenshoot Logo

SHUTTER SEBAGAI APLIKASI SCREENSHOOT TERBAIK LINUX

Shutter merupakan program yang digunakan untuk mengambil screen shoot di Linux yang kaya akan fitur unggulan. Kita bisa mengambil screenshoot baik sebagian area desktop, window dari aplikasi, seluruh layar desktop, bahkan sampai dengan screen shoot sebuah website. Shutter merupakan aplikasi terbaik di Linux untuk mengambil screen shoot yang sifatnya open source dengan lisensi GPL v3.

Dengan Shutter kita bisa mengambil screen shoot di Linux baik dari desktop komputer maupun website. Capture yang bisa dilakukan Shutter ini adalah Capture a Specific Area, Capture your Desktop, Capture a Window, Capture a Menu or Tooltip, dan Capture a Website. Setelah selesai mengcapture, kita juga bisa melakukan editing gambar hasil capture pada aplikasi ini.

Untuk mengcapture website di Linux dengan Shutter, kita perlu menggunakan plugin yang disebut gnome-web-photo (cari saja melalui Software Manager pasti ketemu). Adapun cara menginstal Shutter adalah sebagai berikut:
  1. Masuk Software Manager
  2. Cari dan install plugin bernama gnome-web-photo (ukuran tidak sampai 500KB)
  3. Cari dan install Shutter (ukuran 4 MB)
  4. Tunggu sampai proses instalasi selesai


Setelah selesai instalasi, bisa dijalankan melalui Menu >> Accessories >> Shutter

Untuk  mengcapture website, pilih toolbar pada aplikasi bernama Take a screenshoot of a website, nanti akan muncul jendela yang meminta kita memasukkan alamat website yang akan kita capture. Tunggu sebentar sampai aplikasi selesai bekerja (jika sudah selesai akan muncul pop up notifikasi di pojok kanan bawah). Berikut ini adalah tampilan Shutter yang saya gunakan untuk web capture www.fahdumam.com

Mudah Mengcapture Screenshoot Website di Linux Dengan Bantuan Shutter
Mudah Mengcapture Screenshoot Website di Linux Dengan Bantuan Shutter
Dan berikut ini adalah hasil dari judul artikel Mudah Mengcapture Screenshoot Website di Linux Dengan Bantuan Shutter

Artikel Terkait

Cara Membuat Screen Capture 1 Halaman Web dengan Shutter
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email