Upgrade Linux Mint ke Versi Terbaru dan Pertimbangannya

Upgrade Linux Mint ke Versi Terbaru dan Pertimbangannya. Sebelum mengupgrade Linux Mint ke versi terbaru dari Linux Mint yang sudah dirilis, ada baiknya diketahui seberapa pentingkah kita melakukan upgrade dengan menilik pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :

Perlukah Kita Mengupgrade Linux ?

Jika Linux Mint berjalan dengan baik dan semua aplikasi bisa memenuhi kebutuhan pekerjaan sehari-hari maka TIDAK PERLU melakukan upgrade Linux.

Versi terbaru Linux Mint dikeluarkan setiap enam bulan sekali. Versi baru biasanya hadir dengan berbagai fitur baru yang keren dan juga gratis.

Jika salah satu versi Linux Mint sudah terinstal di komputer dan berjalan dengan baik tidak ada masalah maka tidak ada salahnya bertahan dengan versi Linux tersebut.

Masing-masing versi rilis Linux Mint akan menerima perbaikan bug dan peningkatan keamanan selama 18 bulan (atau 3 tahun, disebut fase Long Term Support). Jika perbaikan bug dan tingkat keamanan adalah hal yang paling sangat penting maka Linux Mint sebaiknya diupgrade secara berkala.

Selain benar-benar membutuhkan versi terbaru Linux Mint, sebaiknya tidak usah mengupgrade Linux yang sudah berjalan dengan baik.

Tips Mengupgrade Linux Mint

Hal terpenting yang harus diketahui ketika melakukan upgrade ada dua yaitu memastikan data yang ada di dalam komputer aman; dan yang kedua adalah harus dipastikan bahwa sistem operasi Linux yang akan diinstal akan berhasil berjalan pada personal komputer.

Permasalahan data yang ada di dalam komputer sangat penting karena bisa dengan tidak sengaja terkena format dikarenakan salah konfigurasi. Sedangkan untuk memastikan OS Linux yang akan diinstal berjalan dengan baik di komputer, bisa dicoba dengan mengetesnya melalui fasilitas Live CD Linux Mint.

Untuk memastikan data dan juga aplikasi aman saat melakukan upgrade Linux, kita bisa melakukan backup aplikasi dan juga backup data yang terdapat di dalam komputer. 

Cara Mengupgrade Linux Mint

Ada dua cara yang bisa dilakukan dalam melakukan upgrade Linux Mint yaitu :

  1. Fresh Upgrade Linux
  2. Package Upgrade Linux

Package Upgrade Linux dilakukan dengan mwngarahkan APT menuju repository Linux Mint versi terbaru. Kebanyakan cara ini mengakibatkan sistem tidak stabil, menjadi lamban karena membutuhkan dependency yang cukup kompleks.

Sedangkan Fresh Upgrade Linux dilakukan dengan patokan sebagai berikut:

  1. Melakukan backup data (dokumen, musik, gambar, dll semua file yang ada di komputer)
  2. Melakukan backup software Linux
  3. Menginstal Linux versi terbaru
  4. Melakukan restore data
  5. Melakukan restore aplikasi linux

Backup dan restore data maupun software linux bisa dilakukan dengan Backup Tool. Untuk menjalankan backup Tool, klik Start/Menu >> Administration >> Backup Tool.

Upgrade Linux Mint ke Versi Terbaru

Jika sudah melakukan backup data dan aplikasi linux, selanjutnya kita bisa melakukan fresh install Linux Mint versi terbaru. Setelah proses instalasi langsung saja dilanjutkan dengan restore data dan aplikasi sebelumnya yang di backup.

Artikel Terkait

Upgrade Linux Mint ke Versi Terbaru dan Pertimbangannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email