Aplikasi Menggambar Diagram dan Flow Chart di Linux

Aplikasi Menggambar Diagram dan Flow Chart di Linux. Kali ini kami akan sajikan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menggambar diagram dan flow chart di Linux bernama "Dia" atau Diagram Edior.

Aplikasi Menggambar Diagram Alternatif Microsoft Visio Linux

Dengan aplikasi Dia Diagram Editor kita bisa menggambar berbagai jenis diagram khususnya diagram alir data atau flow chart dengan mudah dalam waktu singkat. Dengan diagram ini kita bisa menggambar diagram alir dan juga UML (kurang didukung) sebagaimana Visio.

Dia (Diagram Editor) is a free flowchart diagramming software to easily draw flowcharts and map out a visual representation of a data flow or other process. Dia is an editor for diagrams, graphs, charts etc. There is support for UML static structure diagrams (class diagrams), Entity-Relationship diagrams, network diagrams and much more. Diagrams can be exported to postscript and many other formats.

Alir data bisa digambarkan dengan sebuah bagan alir yang disebut flow chart. Akan tetapi untuk pemrograman yang berbasis objek maka diagram alir sudah tidak digunakan lagi.


Software Flowchart ini sangat mberguna bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas flowchart karena sangat mudah untuk digunakan bagi pemula dan mempunyai banyak sekali fitur-fitur yang sangat membantu mempercepat dalam menyelesaikan tugas kuliah.

Dia Diagram Editor dapat mengekspor hasil pekerjaan kita ke dalam berbagai format yaitu :
  • EPS (Encapsulated PostScript)
  • SVG (Scalable Vector Graphics)
  • DXF (Autocad's Drawing Interchange format)
  • CGM (Computer Graphics Metafile defined by ISO standards)
  • WMF (Windows Meta File)
  • PNG (Portable Network Graphics)
  • JPEG (Joint Photographic Experts Group)
  • VDX (Microsoft's XML for Visio Drawing)
Dia Diagram Editor memiliki objek khusus yang membantu memudahkan entity-relationship models (versi lama disebut tedia2sql atau yang lebih baru dinamakan parsediasql dan dapat digunakan untuk membuat SQL DDL), Unified Modeling Language (UML) diagrams, flowcharts, network diagrams, dan menggambar rangkaian elektronik sederhana.

Dia menyimpan pekerjaan dalam bentuk custom XML secara default diarsip ke dalam gzipped untuk menghemat ruang hardisk. Dia juga dapat mencetak diagram multihalaman dan dapat dikodekan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Artikel Terkait

Aplikasi Menggambar Diagram dan Flow Chart di Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email