Cara Atasi Linux yang Freeze / Ngehang / Not Responding

Cara Atasi Linux yang Freeze / Ngehang / Not Responding. Untuk menangani Linux yang nge-freeze atau nge-hang atau bisa disebut not responding maka perlu dilakukan langkah strategis karena jika kita tunggu komputer atau laptop Linux kita tidak akan mati sampai bateray habis.  Cara berikut ini dapat diimplementasikan untuk Linux Mint dan Ubuntu (sudah diuji coba beberapa orang)

Kenapa Linux Ngehang atau Ngefreeze ?

Linux bisa freeze karena terjadi miss komunikasi antara Linux dengan X servernya. Nah bagaimana cara mengatasi Linux agar ngehang atau ngerfeez nya bisa kembali normal atau setidaknya dapat dimatikan dengan benar dan tidak membuat hardware jadi rusak?

Ini dia jawabnya, karena kita tidak tahu maka kita sering mematikan komputer secara paksa dengan memencet tombol power terus sampai komputer mati gara-gara komputer Linux ngehang. Karena kita tahu bahwa 'memaksa' komputer untuk mati bisa merusak hardware kita baik secara langsung atau tidak langsung.

linux ngehang, linux ngefreeze linux not responding

Penyebab Linux Nge Freeze

Linux nge freeze sebenarnya bukan kernelnya yang nge freeze, melainkan X server nya. Apa itu X server? X Server adalah server atau pusat penghubung antar kernel dan hardware atau device yang terpasang di Linux.

Analoginya atau gampangnya adalah "komponen" di Linux yang menjalankan tampilan grafis di desktop, X Server ini juga meng-handle inputan mouse, keyboard, dan menampilkan output ke monitor. Dengan gambaran seperti itu kita harus mengatur sistem langsung ke dalam kernelnya.

Cara Atasi Linux yang Freeze / Ngehang / Not Responding

Untuk menangani Linux yang ngefreeze, secara logika kita langsung beri perintah ke kernel agar mematikan proses atau merestart proses yang ada.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur Magic SysRq Key. Tetapi sebelumnya kita harus mengatur terlebih dahulu agar fitur ini aktif (bagi yang belum aktif) yaitu dengan perintah :

sudo echo "1" > /proc/sys/kernel/sysrq

Atau mengeceknya dengan perintah :

cat /proc/sys/kernel/sysrq

Jika hasilnya 1 itu sudah aktif sob. Nah kita lanjut ke cara penggunaan sebagai berikut.

Cara Menggunakan Magic SysRq Key

Caranya menggunakannya adalah demgam menekan kombinasi tombol :
Alt + SysRq + [tombol R, E, I, S, U, B,...]
Keterangan :
Alt + SysRq + R : memindahkan kontrol mouse dan keyboard dari server X langsung. Ini  berguna jika X-Server mengalami 'miss-komunikasi', Lalu kita dapat menggunakan keyboard dan membunuh X-Server atau periksa log kesalahan.

Alt + SysRq + E : mengirim pesan ke kernel untuk 'terminate' semua proses yang sedang berjalan kecuali init. Beri jeda sedikit lama untuk perintah ini karena biasanya memerlukan waktu lebih. Mengirim sinyal, proses dapat shutdown dengan benar (misalnya menyimpan data)

Alt + SysRq + I : mengirim perintah "kill" ke semua proses kecuali init.

Alt + SysRq + S : menulis semua data dari cache disk ke harddiscs, sync-nya.

Alt + SysRq + U : remounts semua mount filesystem readonly. Setelah menggunakan tombol ini, kita dapat reboot sistem dengan Alt + SysRq + b tanpa merugikan sistem.

Alt + SysRq + B : adalah seperti reset: reboot tanpa umounting atau sync.

Alt + SysRq + K : membunuh semua proses pada terminal saat ini. Ide yang buruk untuk melakukan perintah ini di konsol mana X sedang berjalan. Grafik akan berhenti dan kita tidak dapat melihat apa yang kita ketik.

Alt + SysRq + O : menutup melalui APM.

Alt + SysRq + M : informasi cetakan memori ke konsol.

Alt + SysRq + L : mengirim SIGKILL untuk semua proses, init inklusif. (Sistem ini tidak bekerja setelah menggunakan ini.).

Tombol SysRq pada keyboard merupakan tombol yang bergabung dengan Print Screen.

Artikel Terkait

Cara Atasi Linux yang Freeze / Ngehang / Not Responding
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email