Cara Burning File ISO Ke USB Flash Disk Bootable UNETBootin

Cara Burning File ISO Ke Dalam USB Flash Disk Bootable dengan UNetbootin. Membuat USB Flash Disk menjadi bootable sangat bermanfaat ketika kita di rumah sedang tidak ada persediaan CD/DVD dan ingin me repair laptop atau komputer kita atau orang lain.

Membuat USB flash disk bootable artinya menjadikan USB flash disk dapat membooting laptop atau komputer untuk keperluan tertentu.

Di Linux dan Windows ada banyak aplikasi untuk membakar file ISO ke dalam USB flash disk. Salah satu yang paling baik menurut kami karena telah banyak digunakan adalah dengan menggunakan UNetbootin.

Cara Burning File ISO Ke USB Flash Disk Bootable UNETBootin

Hal yang pertama disiapkan adalah file ISO yang berisi sistem operasi atau file ISO yang bootable lainnya.

unetbootin linux, unetbootin 494 download, gparted, usb bootable, make usb bootable, membuat usb bootable

Selangkapnya cara burning file iso ke USB flash disk adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan USB Flash Disk Drive ( Kami sarankan 4 GB )
  2. Download UNetbootin versi 4.94 untuk Linux (versi ini  bisa burning ke file system FAT maupun NTFS, versi setelahnya tidak bisa)
  3. Download file ISO yang akan di burning
  4. Format USB ke dalam FAT32 (Cara format USB flash disk di Linux Klik Disini)
  5. Klik dua kali pada file UNetbootin untuk menjalankan UNetbootin. Pilih opsi Diskimage, masukkan ISO file, tentukan target USB, dan klik OK
  6. Tunggu sampai proses writing ke USB flash Drive berjalan sampai selesai.
Catatan : Jika anda tidak yakin Drive mana yang harus dipilih untuk "Kotak Pemuat USB" pada UNetbootin, kami sarankan anda membuka GParted terlebih dahulu (Ketikkan di Terminal sudo gparted dan masukkan password Linux anda). Selanjutnya akan muncul jendela GParted berikut ini :

gparted, usb bootable, make usb bootable, membuat usb bootable

Nah, pilih dropdown yang ada di sebelah kanan atas GParted nanti akan ketahuan flash disk akan berada di drive mana, untuk gambar diatas jika GParted menampilkan gambar sedemikan maka pilihlah Drive pada UNetbootin menjadi /dev/sdc

Petunjuk : Jika UNetbootin selesai melakukan proses write pada USB Flash Drive maka untuk bisa digunakan anda juga harus menyeting atau mengkonfigurasi komputer yang akan di booting menggunakan USB tersebut agar melakukan first boot dari USB Flash Disk Drive. Caranya KLIK DISINI.

Artikel Terkait

Cara Burning File ISO Ke USB Flash Disk Bootable UNETBootin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email