Cara Menuliskan/ Menyisipkan Ayat Al-Qur'an di Linux

Cara Menuliskan/ Menyisipkan Ayat Al-Qur'an di Linux. Ayat Al-Qur'an dapat dengan mudah anda sisipkan ke dalam tulisan anda melalui Libre Office atau Open Office di Linux maupun Windows.

Adalah Quran in Open Office (QIOO) yang merupakan ekstensi dari Open Office atau dapat juga dipakai di LibreOffice lingkungan Linux maupun Windows atau Mac OS.

QiOO adalah sebuah ekstensi untuk OpenOffice yang berfungsi untuk menampilkan ayat-ayat Al-Qur'an beserta terjemahannya dalam bentuk teks di dokumen OpenOffice atau LibreOffice.

Cara Menuliskan/ Menyisipkan Ayat Al-Qur'an di Linux

Cara Menyisipkan tulisan arab di Linux beserta artinya bisa melalui tahapan berikut ini :
1. Download Ekstensi dan Font
Kami sudah menyediakan ekstensi QiOO dan font arabic terbaru 2015 Klik Disini (QiOO 0.4b). Setelah selesai ekstraklah file tersebut.

2. Instal Font Arabic di Linux
Cara instal font arabic di Linux ini sangat mudah. Masuk sebagai root (klik kanan ruang kosong, pilih Open as Root), lalu copy file ScheherazadeRegOT.ttf ke folder /usr/share/fonts dan paste disitu. Jika kurang jelas, silahkan baca Cara Instal Font di Linux dalam 4 Langkah

3. Instal Ekstensi Qur'an in Open Office Linux
Buka LibreOffice atau Open Office, buka Writer-nya. Klik menu Tools >> Extension Manager, klik Add......silahkan cari folder dimana file QiOO yang di download tadi di ekstrak. Pilih QiOO-0.4b.oxt
Klik Open

Instal Ekstensi Qur'an in Open Office Linux

Konfigurasi LibreOffice agar CTL (Complex Text Layout) dengan cara "Tools >> Option >> Language Settings >> Languages", beri centang pada "Enabled for CTL (Complex Text Layout) yang berisikan Arabic (UAE)" kemudian klik OK jika sudah selesai. Tutup LibreOffice atau Open Office dan jalankan kembali.

change language linux debian change language linux mint change language linux keyboard shortcut

4. Mengaktifkan Left to Rigt (LTR) atau Right to Left (RTL)
Fitur ini akan sangat berguna bagi seseorang yang sering berpindah tulisan dari arab ke latin. Jika menulis arab maka anda membutuhkan Right to Left (RTL), ketika menulis huruf latin maka perlu mengaktifkan Left to Right (LTR).
Mengaktifkan LTR tekan kombinasi Ctrl + Shift + A
Mengaktifkan RTL tekan kombinasi Ctrl + Shift + D

Anda juga dapat menambahkan RTL dan LTR ke toolbar. Caranya klik kanan pada sembarang toolbar >> Customize Toolbar...
Tambahkan Toolbar dengan mengklik "Add..." kemudian Pada pilihan Category pilih Format, Kemudian cari "Left-To-Right", klik Add. Dengan cara yang sama tambahkan juga untuk "Right-To-Left"
Mengaktifkan LTR tekan kombinasi Ctrl + Shift + A Mengaktifkan RTL tekan kombinasi Ctrl + Shift + D


5. Menggunakan QiOO
Jika proses instalasi selesai, kita dapat menyisipkan Al-Qur'an saja, dan bisa juga Al-Qur'an disertai dengan artinya. Caranya: Jika anda sudah melalui tiga tahap sebelumnya pasti Menu AlQuran akan muncul pada jajaran Menu di LibreOffice atau Open Office milik anda.

QioO Libre Office

Aktifkan Right to Left atau tekan kombinasi (Ctrl + Shift + D) pada Keyboad agar tulisan anda dimulai dari kanan ke kiri.
Klik Menu AlQuran >> Choose Surah
Maka anda setelah klik OK anda akan melihat AlQuran sesuai dengan surat dan ayat yang dimasukkan.

Artikel Terkait

Cara Menuliskan/ Menyisipkan Ayat Al-Qur'an di Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email