18 Daftar Lengkap Aplikasi Accessories Linux Mint / Ubuntu

18 Daftar Lengkap Aplikasi Accessories Linux Mint / Ubuntu. Aplikasi Linux Ubuntu dan Linux Mint berikut ini adalah merupakan program aplikasi yang berguna, bermanfaat dan tentunya gratis untuk mendapatkannya.

Daftar aplikasi Linux terbaik kategori Accessories ini diambil dengan patokan Linux Mint 17.1 Rebecca yang saya gunakan. Jadi bagi anda pengguna Ubuntu jika aplikasi yang anda butuhkan belum terinstal secara bawaan maka harus diinstal sendiri.

Jika kami sediakan link atautan pada setiap nomor dibawah ini, berarti kami sudah membahasnya secara khusus. Kenapa Linux Mint menjadi patokan adalah karena Linux Mint merupakan turunan dari Ubuntu sehingga aplikasi Ubuntu dengan mudahnya diinstal di Linux Mint, selain itu Linux Mint sudah menyertakan aplikasi utama sangat lengkap untuk kebutuhan kantor atau rumah dalam hal komputasi setiap hari.

Untuk menjalankan aplikasi dibawah ini anda harus klik Start >> Accessories dan pilih aplikasi yang dikehendaki.

18 Daftar Lengkap Aplikasi Accessories Linux Mint / Ubuntu

1. Archive Manager

Bawaan. Archive Manager adalah aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk membuka file archive seperti file RAR, ZIP, TAR, 7ZIP, dan lainnya. Jika di Windows kita mengenal WinRAR maka di Linux kita memiliki aplikasi bernama Archive Manager.

2. Calculator

Bawaan. Aplikasi Calculator adalah aplikasi Linux untuk menghitung penjumlahan perkalian dan berbagai fungsi matematika kompleks mulai dari logaritma, trigonometri, dan penghitungan sudut dalam matematika serta banyak lagi. Tampilan Calculator Linux mirip dengan Calculator Windows.

3. ChmSee

ChmSee adalah aplikasi Linux yang digunakan untuk membuka file chm yang merupakan hasil dari compiled HTML. Jika menggunakan Windows kita sering menjumpai file chm, nah untuk membuka file chm di Linux kita gunakan ChmSee.

4. Document Viewer

Bawaan. Document Viewer ini adalah program aplikasi Linux yang berguna untuk membuka file PDF dan juga file DJV. Ada juga sih aplikasi untuk membuka file PDF di Linux yang sama seperti di Windows yaitu Foxit Reader for Linux akan tetapi aplikasinya berat....sama seperti di Windows Foxit Reader juga berat. Nah Document Viewer ini SANGAT RINGAN dan aplikasi Linux ini dapat membuka file dejavu yang di Windows dibuka dengan menggunakan aplikasi WinDJView.

4. Flux Indicator Applet

Flux Indicator Applet adalah aplikasi Linux yang digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan dan alpha layar atau desktop Linux. Misalnya jika siang hari layar komputer Linux akan diatur otomatis oleh aplikasi ini tingkah kecerahan layar, ketika waktu berganti menjadi malam maka Flux Indicator akan membuat redup layar komputer anda secara otomatis sehingga membantu kesehatan mata.

5. Font Viewer

Bawaan. Font Viewer adalah program Linux yang dipakai untuk menampilkan sebuah font itu bentuknya seperti apa. Aplikasi ini sangat berguna ketika anda mendapatkan font baru sebelum diinstal dibuka saja dengan aplikasi Font Viewer, jika font nya bagus maka bisa dinstal ke Linux.

6. Furious ISO Mount

Furious ISO Mount adalah aplikasi Linux yang berguna untuk mounting file ISO di Linux. Jadi tanpa harus membakar atau tanpa burning file ISO ke dalam CD anda dapat melihat file-file yang berada di dalam file ISO tersebut. Saat ini Linux Mint menggunakan Cinnamon yang dapat memounting file ISO langsung ke dalam virtual device.

18 Daftar Lengkap Aplikasi Accessories Linux Mint / Ubuntu

7. Gis Weather

GIS Weather adalah aplikasi Linux yang digunakan untuk menampilkan informasi suhu, cuaca, dan juga prakiraan cuaca sebuah wilayah atau lokasi yang sudah ditentukan oleh pengguna. Keakuratan GIS Weather bisa  dibilang akurat karena menggunakan server cuaca Lokal yang dapat dipilih langsung.

8. gKamus

Nah bagi anda yang suka dengan kamus digital, gKamus adalah aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kata dalam bahasa inngris ke dalam Bahasa Indonesia. gKamus merupakan karya lokal buatan anak negeri.

9. Gtk Hash

GTK Hash adalah program Linux yang digunakan untuk mencari dan menggenerate nilai HASH yaitu sebuah footprint dari sebuah data digital. GTK Hash menghasilkan file berupa md5, sha1, sfv dan lain sebagainya.

10. Hijra Applet

Hijra Applet adalah aplikasi Linux yang berguna untuk menampilkan kalender Islam atau Kalender Hijriyah di Panel Linux. Hijra Applet disertakan secara default di Linux Sabily akan tetapi dapat diinstal di Linux distro lainnya.

11. Minbar Prayer Times

Minbar Prayer Times adalah aplikasi azan Linux. Aplikasi ini akan memutar suara athan ketika waktu solat tiba. Aplikasi ini sangat penting untuk mengingatkan kita solat jika kita bekerja di ruang tertutup.

12. Parcellite

Parcellite adalah program aplikasi Linux untuk clipboard manager. Maksudnya jika anda mengkopy paste teks dapat disimpan sebanyak 25 tumpukan. Jika anda sudah mengcopy teks sebelumnya dan tertumpuk dengan copy teks yang baru, maka untuk mengakses teks sebelumnya anda bisa akses melalui Parcellite ini.

13. Shutter

Shutter adalah aplikasi Linux untuk mengcapture, screenshoot, dan juga mengeditnya secara langsung tanpa bantuan image editor Linux lainnya. Shutter juga dapat mengcapture sebuah layar website secara penuh dan utuh.

14. Terminal

Bawaan. Terminal adalah fasilitas command promt di Linux. Bagi yang sudah familiar dengan Linux, Terminal dapat mempercepat pekerjaan anda karena dikerjakan secara berbasis teks.

15. Text Editor

Bawaan. Teks Editor nama sebelumnya adalah Gedit. Gedit adalah teks editor Linux yang sangat ringan dan banyak fungsi. Jika dibandingkan dengan Notepad, Gedit ini jauh lebih unggul dan juga aplikasinya sangat ringan dijalankan. Untuk menjalankan di Terminal ketikkan gedit

16. Tomboy Notes

Bawaan. Tomboy Notes adalah program Linux yang digunakan untuk menuliskan catatan singkat di Desktop. Tomboy Notes sangat berguna untuk mencatat apa yang anda lakukan besok hari.

17. Unison

Unison adalah program aplikasi Linux untuk sinkronisasi antara dua buah disk drive. Misalnya jika anda punya sebuah hard disk eksternal dan hardisk di laptop, anda membackup data per bulan Juni 2015, tentu data per Juli 2015 datanya akan berbeda. Nah untuk menyinkronkan file antara har disk laptop dengan hardisk eksternal aplikasi Linux bernama Unison ini sangat berguna.

18. USB Stick Formatter

Bawaan. USB Stick Formatter adalah aplikasi Linux untuk memformat USB flash disk. Jadi tanpa susah payah melalui Terminal anda dapat melakukan format flasdisk dengan mudahnya melalui aplikasi ini. Saran saja, jika memformat flash disk formatlah dengan fortmat NTFS sehingga flash disk juga dapat dibaca oleh Windows.

Jika terdapat kata "Bawaan" pada aplikasi yang disebutkan diatas itu artinya aplikasi tersebut sudah diinstal secara bawaan di Linux Mint 17.1 Rebecca. Jadi setelah selesai instalasi Linux kita langsung dapat menggunakannya.
Load disqus comments

0 comments