Cara Mudah Membuat File ISO di Ubuntu / Linux Mint

Cara Mudah Membuat File ISO di Ubuntu / Linux Mint. Untuk membuat file iso di Linux baik itu Linux Mint maupun Linux Ubuntu sangat mudah dilakukan dengan Terminal. Menjadikan sebuah file berekstensi .iso di GNU/Linux ternyata lebih mudah dibandingkan dengan Windows.

Pada Windows kita membutuhkan sebuah aplikasi seperti Power ISO, ISO Creator, dll. untuk membuat file .iso, hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi file yang akan dijadikan .iso memiliki kapasitas yang cukup besar. Menjadikan file .iso di GNU/Linux dapat kita lakukan melalui terminal dengan bantuan aplikasi bernama genisoimage.

Genisomage adalah sebuah program Linux yang digunakan untuk membuat file ISO dengan standar ISO-9660 yang dapat diburning ke dalam CD ataupun DVD. Aplikasi Genisoimage merupakan aplikasi berbasis command line atau Terminal sehingga untuk menggunakannnya kita harus menjalankan Terminal Linux.

Cara Install Genisoimage di Linux Ubuntu / Mint

Cara instal genisoimage cukup gampang dilakukan. di Linux Mint anda cukup membuka Software Manager, caranya klik Start >> Administration >> Software Manager dan ketikkan genisoimage pada kotak pencarian lalu klik tombol install. Sedangkan pada Ubuntu, bisa membuka Ubuntu Software Center dengan cara mengetikkan genisomage pada kotak pencarian lalu instal.

Cara lain menginstal genisoimage adalah melalui terminal. Ketikkan sudo apt-get install genisoimage untuk menginstal aplikasi linux ini.
membuat file iso di ubuntu linux mint menggunakan Terminal membuat file iso Linux ubuntu membuat file iso dari file komputer membuat file iso di ubuntu membuat file iso dari folder Ubuntu membuat file iso Linux Mint 17.2 aplikasi untuk membuat file iso di ubuntu aplikasi cara membuat file iso aplikasi untuk membuat file iso terbaik Cara Mudah Membuat File ISO di Ubuntu / Linux Mint

Cara Mudah Membuat File ISO di Ubuntu / Linux Mint

Untuk membuat file ISO di Ubuntu / Mint kita dapat melakukannya dengan beberapa langkah mudah berikut ini :
  1. Kumpulkan semua file dan folder ke dalam sebuah folder tunggal atau folder utama
  2. Misalkan folder tunggal yang berisi berbagai file tersebut kita namakan Aplikasi
  3. Misalkan kita akan membuat file iso dengan nama aplikasiku.iso
  4. Selanjutnya, jadikan folder beserta isinya tersebut menjadi sebuah file iso. Buka Terminal dan arahkan working direktori ke path dimana folder Aplikasi berada.
  5. Misalkan folder Aplikasi berada di Documents, maka ketikkan cd /home/username_anda/Documents
  6. Setelah berada di Documents, ketikkan lagi di Terminal genisoimage -o aplikasiku.iso Aplikasi
Dan berhasil, silahkan lihat direktori Documents anda, cari file yang bernama aplikasiku.iso karena file ini diciptakan otomatis ketika anda mengeksekusi perintah nomor 6 diatas

Secara ringkas genisoimage dapat dijalankan di Terminal dengan perintah genisoimage -o output_image.iso directory_name
output_image.iso adalah nama file iso yang akan kita buat
directory_name adalah nama folder tunggal yang berisi semua file dan folder yang akan dijadikan file iso.

Khusus pengguna Linux Mint, anda dapat klik kanan pada ruang kosong dimana folder Aplikasi berada dan pilih "Open in Terminal" lalu ketikkan genisoimage -o aplikasiku.iso Aplikasi

Artikel Terkait

Cara Mudah Membuat File ISO di Ubuntu / Linux Mint
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email