Ulasan Singkat: Review Elementary OS Freya Linux

Ulasan Singkat: Review Elementary OS Freya Linux --ElementaryOS adalah distro linux yang diturunkan dari Ubuntu dan Linux Mint. Distro ini menggunakan desktop environment-nya sendiri yang bernama Pantheon dan terintegrasi dengan aplikasi bawaan elementary OS lainnya, seperti Plank (sebuah dock-bar berbasiskan Docky), web Browser Midori, dan Scratch (teks editor yang sederhana). Distro ini menggunakan Gala sebagai Window Manager, yang berbasiskan pada Mutter Windows Manager.

ElementaryOS tujuan awalnya adalah menyediakan paket aplikasi Ubuntu tetapi lama kelamaan berubah fungsi menjadi sebuah distro linux tersendiri. Sebagai turunan Ubuntu, ElementaryOS dapat menginstal aplikasi yang dimiliki oleh Ubuntu.

Distro Elementary OS Freya juga menggunakan software center milik Ubuntu untuk menangani pemasangan dan pencopotan perangkat lunak, meskipun begitu software center elementary sendiri sedang dalam pengerjaan. Tampilan antar mukanya dibuat agar terlihat intuitif bagi pengguna-pengguna baru tanpa menggunakan banyak sumber daya dan desainnya serupa dengan sistem operasi OS X dari Apple.

Versi stabil pertama dari elementary OS adalah "Jupiter", diluncurkan pada Maret 2011 dan berbasis Ubuntu 10.10. Sejak Oktober 2012, versi ini tidak lagi didukung dan berarti juga tidak lagi bisa diunduh di situs resmi elementary OS.

review elementary os review elementary os freya review elementary os luna elementary os review 2015 elementary os beta review elementary os beta 2 review review elementary os luna

Pada bulan November 2012, versi beta pertama dari elementary OS bernama kode "Luna" dirilis, yang menggunakan Ubuntu 12.04 LTS sebagai dasarnya. Versi beta kedua dari "Luna" dirilis pada tanggal 6 May 2013, melakukan perbaikan dari 300 bug dan beberapa perubahan seperti peningkatan dukungan untuk berbagai localization, dukungan layar ganda dan pembaruan beberapa aplikasi.

Pada tanggal 7 Agustus 2013, jam hitung mundur muncul pada situs resmi elementary OS yang berakhir pada 10 Agustus 2013. Versi stabil kedua dari elementary OS, bernama "Luna", diluncurkan pada 10 Agustus 2013, dengan perombakan total dan desain ulang situs resminya. Nah, untuk sekarang versi stabil ketiga ElementaryOS sudah dirilis dengan codename "Freya" yang diturunkan dari Ubuntu 14.04 LTS tersedia untuk versi 32-bit dan 64-bit.

Kelebihan dari ElementaryOS :

  1. Desainnya elegan sebagaimana Linux Mint yang sama-sama diturunkan dari Ubuntu
  2. Ringan, tidak haus RAM
  3. Dukundan repository Ubuntu
  4. Aplikasi installer berupa file DEB sama seperti Linux Mint
  5. Basic command line-nya seperti Debian, Ubuntu, dan Linux Mint (sudo apt-get)
  6. Booting dan shutdown tergolong cepat

Kelemahan dari ElementaryOS :

  • Kustomisasi harus dilakukan sendiri dengan eksperimen sendiri karena minimnya forum/blog yang membahas ElementaryOS
  • Rentang waktu rilis versi finalnya terlalu lama
  • Tidak ada aplikasi office semisal LibreOffice yang diinstal secara default, harus install manual

Artikel Terkait

Ulasan Singkat: Review Elementary OS Freya Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Dapatkan tutorial, theme, icon Linux Mint gratis via email