4 Cara Mempercepat Kinerja Linux Mint 17.2 Rafaela Cinnamon

Cara Mempercepat Kinerja Linux Mint 17.2 Rafaela Cinnamon --Dalam artikel ini akan ditunjukkan cara meningkatkan performa Linux Mint dengan cara mengurangi nilai swap tendency, menonaktifkan animasi ketika komputer dinyalakan, menggunakan driver grafis yang sesuai, dan juga mengatur ulang nilai delay aplikasi yang ada di dalam daftar startup.

Linux Mint anda dapat berjalan lebih cepat, batere laptop anda lebih hemat, CPU anda suhu normal antara 35 s.d 53 bisa anda dapatkan melalui 4 cara mempercepat kinerja Linux Mint 17.2 ini.

4 Cara Mempercepat Kinerja Linux Mint 17.2 Rafaela Cinnamon

1. Kurangi Nilai Swap Tendency Linux

Berapa nilai swap tendency Linux anda? Silahkan periksa nilainya menggunakan Terminal dengan mengeksekusi perintah dasar Linux berikut :
cat /proc/sys/vm/swappiness
 
Biasanya nilai swap tendency 60, ini adalah nilai swap tendency yangbagus hanya untuk server. Sedangkan untuk penggunaan normal termasuk terlalu tinggi.

Kurangi nilai swap tendency dengan cara berikut:
  • Buka Terminal dan ketikkan sudo gedit /etc/sysctl.conf Kemudian akan muncul Gedit yang berisi file teks.
  • Tambahkan di baris paling bawah teks berikut ini (cukup copy paste saja):
# Reduce the swap tendency
vm.swappiness = 10
  • Simpan teks file dan keluar dari Gedit Text Editor.
mempercepat kinerja linux 4 Cara Mempercepat Kinerja Linux Mint 17.2 Rafaela Cinnamon mempercepat kinerja linux mint mempercepat kinerja linux ubuntu mempercepat kinerja linux ubuntu 12.04 cara mempercepat kinerja linux cara mempercepat kinerja linux mint cara mempercepat kinerja linux ubuntu mempercepat kinerja kali linux

2. Nonaktifkan Effect "Session Startup Animation"

Session startup animation adalah animasi yang dijalankan oleh Linux Mint ketika komputer pertama kali hidup. Jika Session startup animation ini diaktifkan maka akan membebani CPU terlalu tinggi sehingga CPU anda akan panas terlalu tinggi secara mendadak.

Untuk mendisable atau menonaktifkan Session startup animation, caranya adalah klik Start Menu >> Preferences >> System Settings >> Effects selanjutnya jadikan OFF pada pilihan Session startup animation
Cara Disable / Nonaktifkan Effect "Session Startup Animation"

3. Gunakan Graphic Driver Sesuai Vendor

Driver untuk graphic yang paling umum adalah NVidia dan AMD Graphic. Gunakan selalui driver proprietary yang disediakan oleh vendor atau pabrikan untuk Linux anda karena akan memberikan kinerja yang optimal dan akan mengurangi wake up time dari CPU anda. Akbatnya jika anda memasang indikator suhu PCI Adapter / Virtual Thermal Zone (Applet CPU Temperature Indicator), nilainya akan berkisar antara 35 - 53 derajat Celcius saja tidak pernah lebih. Selain itu batere laptop juga lebih awet cukup signifikan.

Langkah ke-3 : Gunakan Graphic Driver Sesuai Vendor

4. Segmentasikan Waktu Delay StartUp Application

Segmentasikan atau kelompokkan waktu delay atau waktu tunda dimana aplikasi akan dijalankan. Atur aplikasi yang sudah ditambahkan ke dalam Startup Application yang ditambahkan oleh anda maupun sistem Linux anda.

Caranya adalah klik Start Menu >> Preferences >> System Settings >> Startup Applications selanjutnya atur waktu delay mulai dari detik ke-0 sampai detik ke-5 sesuai selera anda, yang penting semua waktu delay-nya tidak sama.

Cara Mengatur Waktu Delay StartUp Application Linux Mint

Klik salah satu aplikasi, klik tombol Edit dan atur waktu delay-nya sesuai selera anda. Selesai dan Restart Komputer dan rasakan perbedaannya. Semoga 4 Cara Mempercepat Kinerja Linux Mint 17.2 Rafaela Cinnamon ini berguna dan dapat meningkatkan kinerja Linux Mint anda dengan baik dan optimal.
Load disqus comments

0 comments