October 31, 2017

Solusi Ubuntu Linux Mint Tidak Mati Ketika di Shut Down

Sobat pernah mengalami ubuntu atau linux mint tidak mau mati ketika di shut down? Setelah klik "power off" cuma mentok di logo saja? Atau bahkan ketika di klik "power off" tidak ada tanda-tanda untuk mati? Kita simak yuk uraian selengkapnya!

Linux Mint adalah sebuah sistem operasi gratisan (open source) yang dapat digunakan pada PC (jenis komputer desktop, laptop, dan notebook), dan juga dapat digunakan pada server baik itu untuk keperluan website maupun kebutuhan sistem yang lainnya.

Setiap Linux apapun distronya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk Linux Mint ini sangat disukai oleh admin blog vpswp karena sangat mudah penggunaannya karena ketika anda melakukan fresh instal Linux Mint (Cinnamon) maka anda akan langsung mendapatkan seperangkat aplikasi yang siap digunakan untuk mengedit gambar, mengetik, dan membuka musik dan video.

Tetapi yang namanya open source terutama OS Linux pasti memiliki kesalahan baik karena kesalahan setting maupun kesalahan core atau inti sistem operasi yang merupakan bawaan dari sananya. Salah satu error atau kesalahan yang bisa saja terjadi adalah Linux Mint tidak mau mati ketika di shutdown.


Ubuntu Linux Mint Tidak Mati Ketika di Shut Down

Ubuntu atau Linux Mint menyajikan tampilan antarmuka yang mudah untuk melakukan tugas komputasi. Untuk mematikan ubuntu atau linux mint, dapat dilakukan melalui "start menu" atau melalui icon user profile yang terdapat pada "panel".

Penyebab Ubuntu Linux Mint Tidak Mau Mati Ketika Shut Down

Pada beberapa kasus, ubuntu atau linux mint tidak akan mati ketika di shut down. Ketika pengguna melakukan klik "power off" atau "shut down" ubuntu linux mint kita tidak merespen apa-apa. Kasus selanjutnya adalah ketika di shut down menunjukkan proses mati akan tetapi cuma mentok pada tampilan logo saja. Kemungkinan penyebabnya ada beberapa hal yaitu sebagai berikut:
  1. Tombol "power off" yang terdapat pada start menu atau icon user profile tidak bekerja disebabkan code-nya corrupt.
  2. Ada beberapa proses linux yang belum berhenti sempurna, sehingga ketika di shut down akan memakan waktu lebih lama sehingga proses shut down akan terhambat pada logo.
  3. Terdapat bug pada kernel dan versi ubuntu / linux mint yang sobat gunakan.
  4. Kerusakan hardware berupa power IC yang sudah tidak bekerja dengan baik.

Solusi Ubuntu Linux Mint Tidak Mau Mati Ketika Shut Down

Berikut ini adalah beberapa solusi yang ditawarkan ketika ubuntu linux mint tidak bisa mati sempurna :

1. Gunakan Terminal Untuk Mematikan Ubuntu Linux Mint

Ketika tidak bisa mematikan linux mint atau ubuntu melalui start menu atau icon profile, gunakanlah Terminal, dilanjutkan dengan mengetikkan perintah sudo poweroff

2. Cabut Charger Laptop

Melakukan shut down ketika laptop sedang di charge biasanya sebagian laptop pada beberapa versi linux akan berpengaruh. Cobalah untuk mencabut baterai laptop dan melakukan proses shut down linux secara normal.

3. Tekan Tombol Power Sampai Laptop / PC Mati

Cara ini tidak direkomendasikan karena akan membuat hardisk tidak bekerja dan komponen lain berhenti berfungsi. Tekan sekitar 10 detik atau sampai mati.

4. Cabut Baterai Laptop

Jika cara mematikan ubuntu linux mint dengan menekan power sampai mati malah membuat laptop restart, cobalah untuk mencopot baterai laptop.

5. Install Ulang Ubuntu / Linux Mint

Cara terakhir jika ubuntu linux mint tidak mau mati ketika di shut down, cobalah untuk install ulang menggunakan versi stabil dan dukungan update yang lama. Pilihlah versi LTS (Long Time Support) karena biasanya akan lebih stabil daripada rilis lainnya.

Demikian sobat artikel linux tentang mengapa Linux Mint tidak mau mati ketika di power off dan bagaimana cara mengatasinya. Solusi yang diberikan ini dapat diaplikasikan ke sistem operasi Ubuntu maupun turunannya seperti Linux Mint ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan melalui sosial media kamu ya!
Disqus Comments